6 Warga PAWON di Kandang Macan


Seperti apa rasanya berada dikandang macan? Tidak semua orang sanggup menjalaninya, bahkan membayangkanpun mungkin tidak mau. Tapi ini ada 6 warga pawon yang di kandang macan, simak terus…

Singa

Anak-Anak PAWON

Kalau kamu anak Kaligowong ย atau Wadaslintang dan suka online pastinya mengenal arti kata PAWON singkatan (Paguyupan Wonosobo). Kini 6 anak pawon di kandang macan, hah?

PAWON di Mataku

Beberapa tahun yang lalu ketika kebetulan badan saya kurang sehat, saya duduk-duduk santai di tempat tidur sambil keingetan kampung halaman dan kabupaten tempat asalku, Wonosobo. Saat seperti itu tulisan apa saja tentang Wonosobo aku baca habis, bis…

Kemudian masih belum puas makanya aku search lagi tentang Wonosobo hingga setelah ada beberapa tumpuk kata yang berhubungan dengan Wonosobo aku baca, mata saya tertumbuk dengan kata PAWON. Yang terbayang seketika saat itu adalah tungku tradisional untuk memasak dengan bahan bakar kayu atau ranting-ranting kering.

Di kampung dulu pawon menjadi andalan utama memasak, dimana dahulu ranting-ranting masih banyak dan tinggal mengambilnya saja untuk digunakan sebagai bahan bakar. Namun kini keadaan sudah berubah dimana kayu bakar tidak banyak lagi. Namun saya terkejut ketika melihat tulisan PAWON muncul. Lha gie deneng ana maning….

Kekagumanku semakin meningkat setelah tahu bahwa pawon adalah paguyuban anak-anak Wonosobo, yang saya tahu anak-anak Wonosobo yang tergabung dalam pawon berada diperantauan termasuk yang di Jakarta atau tepatnya Jabodetabek. Anggota pawon yang lain masih banyak yang di luar Jabodetabek akan tetapi kelihatannya mayoritas di Jabodetabek, kota-kota lain mungkin lebih sedikit ya.

Asal Mula Anak Pawon di Kandang Macan

Awalnya ada satu anak pawon yang mengutak-atik hp yang sudah ada di kandang sebelumnya. Lalu hp dipencet-pencet dan terhubung dengan anak pawon, dari obrolan entah bagaimana kemudian bertemulah mereka yang pada saat pertemuan pertama berkumpul tiga personil pawon yaitu Fajar Kaligo, Faris Febri Ardi dan Abu.

Fajar Kaligo
Pasti tidak asing lagi sama Fajar Kaligo ๐Ÿ˜Š

Lalu yang berikutnya ada Faris Febri Ardi,

Faris Febri Ardi
Faris, mantap…

Masuk pada katagori awal adalah Abu…

Abu...
Abu…

Mereka sepakat untuk mendukung satu kegiatan yang positip buat mereka bertiga dan rekan-rekan yang lain. Akhirnya mereka terlibat dalam kegiatan yang diyakini positip.

Leha / Atun, sip...
Leha / Atun, sip…

Lalu kemudian muncul anggota pawon yang lain dalam kegiatan ini yaitu Solehatun, Sriyono dan Harun Al Rasyid hingga total jumlahnya menjadi 5 orang. Sebelumnya sudah ada mas Afif jadi kalau dihitung berjumlah 6 (enam orang).

Harun...
Harun…

Masih ada yang belum difoto yang dari pawon diantaranya mas Ngafif, saat posting ini sedang pulang.

Mereka juga berbaur dengan teman-teman dari daerah lainnya yang bersama-sama di laundry.

Mendukung Kegiatan Positip

Keenam anak pawon ini akhirnya mendukung satu kegiatan laundry yang waktu itu sudah berjalan dan juga sudah dihuni pemuda-pemuda lainnya selain dari pawon. Kegiatan laundrynya bisa dikenali dari websitenya yaitu Laundrymu.com dimana saat ini setelah keterlibatan anak pawon menggunakan aplikasi Android dan bisa di download di Google Play Store dengan kata kunci “Laundrymu” atau bisa diakses dengan link

https://play.google.com/store/apps/details?id=appinventor.ai_farnadecom.Laundrymu

Penampakan aplikasi sekilas seperti ini :

Aplikasi Laundrymu
Aplikasi Laundrymu

Markas Menjadi Kandang Macan

Kehadiran 6 anggota pawon menjadikan suasana semakin heboh, selain mereka memang sudah memiliki pengalaman laundry yang cukup memadai dengan 6 tahun pengalaman di bidang ini ditambah dengan kerjakerasnya dalam mempelajari dan memperdalam ilmu menjadikan markas yang ditempati seperti menampung macan-macan yang garang namun smart dalam berkarya. Yah … anak pawon yang enam itu berubah menjadi macan…. hauuuuummmmmmm

Kini setiap hari mereka disibukkan dengan urusan laundry dengan semangat untuk membangun sesuatu yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Tak kenal lelah dalam berkarya, dan dengan aplikasi android yang baru memperkuat semangat mereka untuk membangun.

Para pembaca apalagi yang dari Wonosobo maupun yang di Jakarta bisa mendownload aplikasinya yang juga buatan anak pawon sendiri, untuk diinstal di smartphone androidnya. Kalau download jangan lupa komennya ya ๐Ÿ˜Š dan kasih rating yang bagus (rating 5), kalau yang kebetulan di Jakarta bisa order laundrynya tapi kalau yang berada di luar Jakarta setelah download boleh komen dong…

Apa Rencana Mereka Selanjutnya?

Tekad untuk terus berbuat yang positip mewarnai semangat mereka untuk terus berkarya dimana saat ini mereka fokus pada Laundry. Mereka juga senang dengan adanya pawon yang semakin menyemangati, hingga berharap logo kegiatan laundrynya bersanding dengan logo pawon dimana hal itu akan lebih bermakna. Makna dalam arti menyandingkan antara kegiatan hari ini dengan pawon yang mengingatkan akan teman-teman yang juga merantau di Jabodetabek.

Hobby Mereka Saat ini

Selain mengerjakan pekerjaan laundry, di waktu luangnya mereka memiliki hobby bermain gitar, karambol, menonton tv, bermain remi dan hobinya yang enggak bisa ketahan yaitu makan batagor dan siomay. Nonton bola juga salah satu hobby mereka.

Paling suka, nonton bola...
Paling suka, nonton bola…

Asal ada waktu sela sedikit biasanya mas Faris dan teman lainnya segera berkemas dan pergi ke kediaman sesepuh dan senior di PAWON yaitu yang memiliki nama besarKanjeng Sunan Kali Serayu, halo juragan Kanjeng ๐Ÿ˜Š Batagor dan siomaynya memang ngangeni banget yakin….bisa delivery order lho ….

Harapan Selanjutnya

Mereka berharap kegiatannya yang sekarang akan memberikan manfaat positip untuk mereka sendiri maupun orang lain, selain itu apa yang dilakukan sekarang juga diniati dengan ibadah yang ikhlas. Harapan lain adalah dukungan dari teman-teman PAWON untuk memberikan dukungan moral dan dukungan lain syukur bersedia download aplikasi “Laundrymu” di Google Play Store atau bisa juga melalui link ย :

https://play.google.com/store/apps/details?id=appinventor.ai_farnadecom.Laundrymu

Penutup

Demikianlah mereka 6 anak PAWON berada di kandang macan setiap harinya untuk melakukan hal-hal yang diyakini positip.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s