Mengapa Kamu Perlu Terus Belajar


Manusia wajib belajar terus menerus selama hayat dikandung badan. Mungkin kamu heran kenapa harus terus-menerus belajar, bukannya belajar cukup disekolah saja… nah kalau kamu kira belajar cukup disekolah saja maka sebaiknya kamu baca postingan ini sampai tuntas.

pahami belajar

Apa yang menyebabkan manusia itu harus belajar sepanjang hayat dikandung badan? Hal-hal di bawah ini adalah sebagian dari alasan itu, yaitu:

1. Perubahan Lingkungan Kita Hidup

Lingkungan hidup kita selalu mengalami perubahan yang memerlukan perilaku yang sesuai. Perilaku lama mungkin tidak bisa dijalankan lagi. Hal  ini misalnya dahulu kalau memasak orang mengambil kayu bakar dari kebun. Kayu-kayu ranting saja sudah cukup, bahkan lebih jika hanya digunakan sebagai bahan bakar masak. Pada waktu itu manusia tidak perlu merusak pohon, hanya menggunakan ranting-ranting yang kering saja. Namun keadaan itu tidak bisa lagi sekarang. Dengan jumlah manusia yang terus bertambah maka alam tidak lagi mendukung untuk menyediakan ranting sebagai bahan bakar. Manusia perlu mempelajari cara-cara baru sebagai sumber energi. Konsekuensinya juga diperlukan alat baru untuk memasak, seperti kompor gas misalnya. Kompor sendiri mempunyai banyak technologi yang berbeda-beda dari yang sederhana sampai yang sangat canggih yang menggunakan gas atau listrik sebagai sumber energi.

2. Ditemukan cara-cara baru

Setiap saat manusia menemukan cara yang lebih baru dan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu media  yang selalu digunakan saat ini adalah media sosial dan smartphone. Alat ini telah menggeser cara-cara manusia berkomunikasi. Yang sebelumnya sering menggunakan surat untuk memberikan berita kepada mitra-mitra seseorang, sekarang ada cara yang lebih mudah, namun perlu di pelajari. Manusia sekarang perlu mempelajari cara yang lebih praktis diantaranya dengan menuliskan email atau mengirimkan berita melalui media sosial. Dengan cara tersebut maka berita bisa sampai dalam hitungan detik kemanapun di muka bumi ini. Hingga pengiriman berita melalui pos menjadi ketinggalan karena memerlukan waktu pengiriman yang relatif lama.

3. Cara Lama Tidak Berlaku Lagi

Mungkin ada sebagian orang yang nyaman menggunakan cara-cara lama dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, misalnya ada seseorang yang senang menggunakan cara barter dalam jual-beli. Akan tetapi cara tersebut sudah tidak lazim, sehingga apabila menginginkan barang tertentu kesulitan karena pemiliknya sekarang tidak mau menukar dengan cara barter.

Contoh lain misalnya seorang petani masih suka membajak sawahnya dengan kerbau, akan tetapi memelihara kerbau untuk daerah tertentu adalah tidak mungkin, maka petani tersebut perlu belajar menggunakan traktor dan harus mempelajari cara traktor bekerja.

4. Belajar itu wajib

Bagi pemeluk Agama Islam, belajar adalah kewajiban. Banyak ajaran-ajaran yang disampaikan berkaitan dengan menuntut ilmu alias belajar. Mungkin kamu pernah mendengar ajaran, “Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina”.

5. Banyak yang belum di ketahui di bumi ini

Alasan lain dari belajar adalah bahwa belum semuanya yang ada dimuka bumi ini diketahui manusia. Sehingga manusia terus perlu belajar untuk mengetahui rahasia yang ada di alam ini. Dengan demikian maka manusia akan hidup dengan cara yang lebih baik di masa mendatang.

6. Bahkan manusia sudah sampai di luar bumi

Saat ini sudah banyak riset yang dilakukan di luar bumi. Seperti di luar angkasa. Manusia banyak yang tinggal di luar angkasa berbulan-bulan, seperti di stasiun luar angkasa internasional dan di pesawat-pesawat penelitian yang melayang di angkasa. Di sana masih banyak rahasia yang perlu di pelajari. Saat ini ada robot dan peralatan sebagai wahana mempelajari kemungkinan manusia tinggal di Mars. Hingga manusia bisa menyimpulkan bahwa di Mars terdapat air dan memungkinkan manusia tinggal di sana.

7. Biar enggak kudet

Alasan lain untuk belajar adalah untuk update, sehingga tidak ketinggalan jaman. Kalau kamu enggak pernah belajar, kamu akan ketinggalan jaman atau istilahnya kurang update alias kudet. Kamu enggak mau disebut kudet kan? Makanya teruslah belajar.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu perlu terus belajar, pasti ada alasan-alasan lain yang lebih mendasar tentang alasan untuk terus belajar. Disini saya hanya menuliskan alasan berdasarkan yang saya ketahui. Selamat belajar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s