Kuliner Temanggung dan Wonosobo (Soto Soekoer)


Nikmatnya kuliner Temanggung (bersebelahan dengan kabupaten  Wonosobo),  kemarin menyelamatkanku dari rasa lapar dan udara dingin di sana berkat Soto Soekoer udara dingin menjadi terasa nikmat.

Kelaparan di Temanggung

Awalnya aku dalam keadaan capek setelah berputar-putar di Hari Raya Idul Fitri kemarin sore, tepatnya hari ke enam Idul Fitri. Kalau sudah begitu maka tempat istirahat menjadi target utama yang di cari. Karena rumahku yang masih jauh tepatnya Kaligowong, Wadaslintang, Wonosobo maka enggak mungkin kalau menahan lapar sampai pulang dan makan di rumah. Aku berputar-putar dan tanya-tanya dimana tempat makan yang enak. Setelah beberapa orang aku tanya akhirnya saya tahu salah satu tempat makan yang santai adalah di Taman Pengayoman Kota Temanggung. Katanya di sana ada wisata kuliner yang istimewa, yaitu soto yang di sajikan dengan mobil VW, namanya Soto Soekoer.

Taman Pengayoman Temanggung

Penampakan Soto Soekoer
Nampak mobil VW merah bertuliskan Soto Soekoer

Saya meluncur menuju Taman Pengayoman Temanggung seperti yang disebutkan orang yang aku tanya. Di sana ada beberapa pedagang yang sudah  membuka dagangannya, tapi sayang sekali Soto Soekoer tidak aku temukan. Lalu aku jalan-jalan di taman sambil tanya-tanya tentang Soto Soekoer sampai akhirnya ada sebuah minibus VW warna merah parkir di sebuah jalan pinggir taman. Bener juga setelah saya datangi ternyata di bodi mobil sebelah kanan terdapat tulisan besar ‘Soekoer Soto & Kopi’. Na… ini dia yang aku cari kini sudah datang juga. Sepertinya Soto Soekoer baru buka sekitar jam 17:00 saya kesiangan jadi pas saya cari-cari belum datang.

Mobil VW merah Soto Soekoer

Akhirnya cita-cita menikmati wisata Kuliner di Temanggung kesampean juga, tapi saya harus bersabar menunggu pedagangnya membuka dan menyiapkan makanan, maklum baru sampai tapi saya sudah ingin langsung menikmati Wisata Kuliner Temanggung ini. Nah.. saat itulah pedagang membuka mobil VW nya, ternyata mudah sekali cara membuka kain putih penutup mobilnya. Kain penutup itu sudah dilengkapi rangka besi lengkap dengan engsel dan penyangga, sehingga pedagang itu tinggal membuka seperti cara orang membuka pintu. Dengan memutar rangka pada engselnya maka payung pun langsung terbuka. Dan sebentar kemudian soto siap dihidangkan.

Soto Soekoer dalam mangkok
Mangkok-mangkok Soto Soekoer

Aku menjadi pembeli yang pertama, memang enggak sabar untuk mencoba… maka soto, pisang bakar coklat dan minuman khas coklat langsung aku pesan. Waktu itu ada komunitas ‘Outsider’ berkerumun di sekitar area wisata kuliner dengan Soto Soekoer sebagai tempat tongkrongannya.

menu di Soto Soekoer, pisang coklat, Gemanggung-Wonosobo
Pisang Coklat Soto Soekoer

Singkat cerita aku bisa menikmati Kuliner Temanggung dengan menikmati soto, pisang bakar dan minuman panas dari coklat karya Soto Soekoer. Ternyata rasanya luar biasa, sotonya terasa sekali …. nendang… dan pisang bakar terasa melengkapi kenikmatan sore itu… minuman coklatnya wow… bikin ketagihan.

Menu Soto Soekoer

Anda bisa memilih dan mencicipi makanan yang tersedia di Soto Soekoer, silahkan pilih seperti yang tertera pada picture berikut ini.

Menu Soto Soekoer
Pilihan Menu Cukup Lengkap di Soto Soekoer

Menu yang bisa anda pilih di Soto Soekoer antata lain :

1. Soto Semarang

2. Sate Usus

3. Sate Telor

4. Sate Ampela

5. Mie Telor

6. Teh Panas

7. Teh Dingin

8. Coklat Citrus

9. Roti Bakar

10. Kopi

11. Dll

Rasa Luar Biasa Harga Ekonomis

Coklat di kuliner temanggung
Menikmati Coklat di Soto Soekoer

Beneran kalau enggak nyoba nyesel… setelah saya menikmati menu-menu dari Soto Soekoer saat wisata kuliner di Temanggung ini saya merasa puas dan saat membayar makin terasa puasnya karena menu saat itu harganya Rp. 5.000,- per hidangan. Bayangin, gimana enggak puas…. belum lagi rasanya uenak tenaaa…nnn

komunitas outsiders di soto soekoer
Komunitas Outsiders di Soto Soekoer

Resep Soto Soekoer yang sudah teruji

Saya penasaran, ini soto masih baru tapi mantap sekale… apakah ini resep baru? Setelah saya tanya pemilik vendor wisata kuliner Temanggung ini pemilik yang kebetulan lagi ada di situ kasih info bahwa itu adalah cabang Soto Soekoer yang ketiga, sedangkan cabang lainnya adalah Soto Syukur Cabang terminal Maron, yang kedua adalah Soto Soekoer Lorikuran Temanggung dan terakhir adalah Soto Soekoer  Taman Pengayoman. Sedangkan di Wonosobo akan segera hadir Soto Soekoer mulai bulan Oktober 2015, jadi teman-teman yang di Wonosobo bisa segera menikmati hidangan Soto Soekoer.

Dari situ jelas bahwa Soto Soekoer menggunakan resep yang sudah teruji. Aku sudah membuktikan dengan lidahku sendiri…. uenak tennnaaa..nnnnnn.

Jangan lupa coba Soto Soekoer

Supaya enggak nyesal bagi pecinta Kuliner Temanggung, cobalah menikmati hidangan Soto Soekoer rasanya uenak tenan… dan bagi anda yang di Wonosobo bisa menikmati mulai Oktober 2015.

Satu komentar pada “Kuliner Temanggung dan Wonosobo (Soto Soekoer)”

Tinggalkan komentar