Makanan Khas Wonosobo


Pas kebetulan sekarang mau mudik ke Wonosobo, belum berangkat sudah keingetan makanan khas Wonosobo. Itu salah satu pendorong kenapa ingin pulang.

Memang beberapa makanan ada yang sudah kebayang, kalau saya teringat selalu kepada tempe kemulnya. Karena tempenya itu mempunyai penampakan yang sangat menggoda, agak tebel dan diselimuti tepung terus digoreng. Lalu dimakan pakai cabai, orang bilang mak nyus tapi saya bilang uenak tenan 😀

Makanan khas Wonosobo ada banyak, berikut ini saya sebutkan beberapa saja yang saya mengerti baik yang khas maupun makanan umum yang banyak di jumpai di Wonosobo.

Makanan yang banyak di jumpai di Wonosobo antara lain :

–  Mi ongklok

– Sego Megono

– Sagon

– Opak

– Carica

– teh rosela

– Emping Melinjo

– Keripik Jamur

– Kacang Dieng

– Tempe kemul

– Gebleg

– Sate

– Gule

– Jagung bakar

– Nasi goreng

– Bakso

– Rengginang

– Dadar gulung

– Unthuk cacing

– Rempeyek

– Nasi Jagung

– Kacang godhog

– Begedhel

– Ondhe-ondhe

– Gethuk

–  Sengkulun

– Bunthil

– Arem-arem

– Martabak

– Dll

Makanan-makanan tersebut kadang-kadang hanya ada di daerah tertentu di Kabupaten Wonosobo dan tidak semua wilayah tersedia, seperti di desa Kaligowong, Kec. Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tidak ada mie ongklok dan sego megono tetapi makanan lainnya tersedia.

Makanan-makanan itu kalau kita sudah lama meninggalkan Wonosobo seringkali ngangeni banget. Misalnya ditinggal merantau, enggak usah lama-lama 6 (enam) bulan saja. Pasti kangen sama makanannya.

Makanan khas Wonosobo

D antara makanan tersebut ada yang tidak ditemui di tempat lain, sehingga menjadi makanan khas Wonosobo. Yaitu :

– Mi Ongklok

Purwaceng

Carica

teh rosela

Sedangkan makanan berikut ini bisa ditemui di tempat lain akan tetapi yang di Wonosobo mempunyai ciri tersendiri yaitu :

–  tempe kemul

–  opak

Bagi yang merantau kalau pas pulang nyesel kalau tidak mencicipi lagi makanan yang kebetulan menjadi makanan kesukaan dari daftar tersebut. Dan bagi yang tinggal di luar Wonosobo waktu berkunjung ke Wonosobo harus mencoba makanan-makanan tersebut pokoknya jangan lupa kuliner Wonosobo.

Minuman yang memiliki khasiat khusus

– purwaceng

Purwaceng memiliki khasiat meningkatkan stamina dan keperkasaan seorang pria. Apabila anda ke Wonosobo maka anda bisa mendapatkan purwaceng sudah dalam bentuk kemasan dan terdapat dosis yang dianjurkan untuk konsumsi. Dengan demikian tidak perlu lagi mengira-ira mengenai cara menkonsumsinya. Carilah kemasan resmi yang memiliki ijin dari pihak berwenang.

– bunga rosella

Bunga rosella memiliki khasiat bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke, apabila anda berkunjung ke Wonosobo bisa di temui bunga rosella dalam bentuk kemasan dengan dosis yang di sarankan. Carilah kemasan yang resmi yang ada ijin dari pihak berwenang.

Segera dapatkan jangan sampai menyesal

Terakhir kali saya sampaikan, segeralah dapatkan makanan-makanan khas Wonosobo. Jangan sampai menyesal karena tidak mencoba dari dahulu. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s