Tips Mudik Lebaran


A. Pengertian mudik

Sebelum saya sampaikan tips mudik lebaran berikut ini saya sampaikan pengertian mudik.

Koper mudik ke kaligowong
Koper mudik, yok mudik ke kaligowong

Istilah mudik banyak digunakan untuk mengartikan perjalanan pulang ke kampung halaman bagi seorang perantau. Secara umum kata mudik sering digunakan untuk pengertian perjananan pulang kampung saat  Lebaran Idul Fitri. Sedangkan perjalanan ke kampung halaman selain Lebaran Idul Fitri sering di gunakan istilah ‘pulkam’ atau pulang kampung. Mudik biasanya melibatkan orang sangat banyak, orang-orang hilir mudik dari perjalanan ke kampung dan kemudian perjalanan kembali ke tempat kerja atau tempat rantau setelah selesai Hari Raya Lebaran.

B. Arus Mudik Lebaran dan Arus Balik

Pada saat beberapa hari menjelang lebaran orang-orang pulang kekampung halaman dengan arus manusia cukup besar, keadaan ini disebut ‘arus mudik’. Dan setelah selesai Hari Raya idul fitri, biasanaya para pemudik ini kembali ke tempat kerjanya. Arus kembalinya pemudik sering disebut dengan ‘arus balik’. Baik arus mudik maupun arus balik melibatkan jumlah kendaraan dan jumlah manusia yang sangat besar sehingga sering mengakibatkan kemacetan lalu luntas. Kadang-kadang kemacetan ini sangat parah dan berlangsung beberapa hari.

C. Saat artikel ini ditulis, lagi rame medsos ngomongin mudik lebaran

Arus mudik berjalan searah
Arus mudik semuanya searah, begitu juga arus baliknya.

Saat-saat bulan puasa pertengahan seperti sekarang ini tiada kata-kata yang indah selain mudik lebaran. Tradisi yang sudah mendarah daging dan sangat di tunggu-tunggu. Karena untuk orang tertentu mudik lebaran berarti segalanya, mengapa begitu? Karena hal-hal hang akan saya uraikan di bawah ini. Pembicaraan mengenai mudik mewarnai semua medsos di tanah air, tidak terkecuali facebook dan twitter.

D. Mudik lebaran berarti masa depan seorang pemuda dan pemudi

Sering kali di saat mudik lebaran itu awal dari tumbuhnya benih-benih asmara bagi seorang pemuda atau pemudi yang tidak jarang akan menjadi cikal bakal kehidupannya dimasa depan. Berawal dari mudik lebaran cinta tumbuh dan bersemi.

E. Mudik lebaran selalu terasa indah

Pengertian mudik biasanya dihubungkan dengan Hari Raya Idul Fitri. Sedangkan apabila mudik bukan pada hari raya biasanya disebut pulkam    atau pulang kampung. Mudik lebaran di hari Raya Idul Fitri yang berarti hari kemenanan perlu dirayakan sebagai rasa syukur telah selesai beribadah puasa pada Bulan Romadhon yang dilaksanakan sebulan penuh. Perasaan selalu meriah, bagi yang mudik maka perayaan bisa di lakukan bersama-sama dengan  orang yang dikasihi dan disayangi. Itulah kenapa mudik terasa indah.

F. Mudik lebaran untuk menengok orang tua

Bagi yang merantau maka rasa kangen terhadap orang tua sering kali tidak tertahankan. Maka saat Idul Fitri dinilai cukup tepat untuk menengok orang tua sambil mudik. Kenapa dipilih bertepatan dengan Idul Fitri? Karena Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk bermaaf-maafan, setelah sebulan penuh berpuasa maka dosa-dosa kepada Allah SWT yang telah dihapuskan akan menjadi lebih sempurna apabila sesama umat muslim saling memafkan. Dalam rangka inilah maka seorang muslim sungkem dan meminta maaf kepada kedua orang tua maupun kerabatnya pada saat mudik lebaran.

G. Saat mudik lebaran bisa menikmati makanan kesukaan

Sewaktu kecil kadang-kadang kita memiliki makanan yang kita sukai masakan rumah kita yang tidak ada di tempat lain. Makanan kesukaan itu adanya hanya dirumah. Kadang-kadang makanan kesukaan itu sebenarnya makanan sepele, tapi terasa luar biasa. Ada yang kangen sama sambel tempe, ada yang kangen sambel gosrek, ketiwul atau apa yang menurut orang lain biasa saja tapi buat orang tertentu luar biasa. Sambel pucung adalah makanan kesukaanku….. hmmmmm… sudah kuduga…. adanya di Kaligowong itu.

H. Mudik Lebaran Bisa Sambil Berwisata

Jangan sia-siakan waktu pada saat mudik, nikmatilah perjalanan sambil berwisata. Untuk desaku yang masuk kabupaten Wonosobo saya biasanya berwisata di Desaku Kaligowong, berwisata di Waduk Wadaslintang, berwisata di Benteng Van Der Wijck yang masuk Kabupaten Kebumen dan kalau sempat  mau ke Dieng kapan-kapan Untuk ke Dieng saya sudah lama sekali enggak pergi kesana.

I. Kemacetan saat mudik lebaran adalah tradisi

Kemacetan saat mudik sudah menjadi tradisi
Kemacetan yang menjadi tradisi saat mudik, perlu pemilihan jalur alternatif jika memungkinkan

Biasanya pada saat mudik lebaran, jalanan macet. Ini sudah terjadi selama bertahun-tahun, akan tetapi jalan-jalan selalu diperbaiki dan diharapkan akan mengurangi kemacetan disaat mudik. Namun demikian menghadapi kemacetan saat mudik lebaran seolah-olah sudah menjadi hal yang biasa dan sebagian tidak mempersoalkan. Bisa dibilang kemacetan saat mudik sudah tradisi. Dan setelah mudik biasanya enggak seru kalau enggak berangkat lagi, ini berarti enggak kapok macet saat mudik. Walaupun beberapa merasa males waktu mau balik setelah mudik. Alias betah di kampung. Bagus si, pertanda di kampung juga nyaman dan bahkan lebih nyaman.

I. Kiat-kiat supaya tidak bermasalah saat mudik lebaran

Ada beberapa kiat yang bisa di jalankan supaya mudik tidak bermasalah di perjalanan. Dan yang lebih penting supaya selamat di jalan. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan membuat perjalanan mudik kamu lebih menyenangkan.

1. Apabila mudik lebaran memakai kendaraan umum, dapatkan tiket seawal mungkin.

-Dengan memastikan memperoleh tiket maka anda memperoleh kepastian mendapat tempat duduk saat mudik.

-Dengan tempat duduk yang sudah pasti anda akan lebih aman dalam menempuh perjalanan mudik.  Jadi pesanlah tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal mudik anda. Dengan order tiket lebih awal maka anda juga bisa memilih tempat duduk.

-Keuntungan lainnya adalah anda sering mendapatkan harga discount dari perusahaan travel sedangkan apabila anda memesan tiket pada saat berdekatan jadwal mudik, maka harga sering dinaikkan dari harga normal dengan kenaikan yang signifikan.

2. Mudik lebaran dengan tiket pesawat terbang, kesempatan mendapat tiket pesawat murah untuk mudik

Mudik dengan pesawat terbang
Mudik dengan pesawat terbang, persiapkan jauh-jauh. Sering ada ticket discount

Kalau kamu mempunyai waktu luang untuk mendapatkan tiket, alias jadwal mudik masih jauh, coba browsing ke website maskapai penerbangan, kalau anda beruntung bisa mendapatkan tiket pesawat dengan biaya hampir sama dengan biaya bus. Sekali lagi syaratnya kamu harus beli jauh hari sebelum jadwal mudik. Tidak jarang maskapai memberikan harga discount untuk kursi dalam jumlah terbatas. Sekali-kali browsing ke website maskapai penerbangan dan lihat tiket-tiket yang sedang discount, apabila kebetulan ada yang murah, beli saja meskipun waktunya masih panjang. Ini kalau anda ingin menikmati tiket pesawat harga discount. Selamat mencoba.

3. Mudik lebaran dengan tiket kereta api online lebih praktis untuk mudik

Rata-rata para pemudik sudah ahli mencari tiket, tapi ada beberapa cara yang dilakukan misalnya melalui mini market, kini saatnya anda mendapatkan tiket mudik anda dengan online. Ini lebih praktis karena anda tidak perlu kemana-mana. Cara ini sangat praktis karena anda cukup klak klik smartphone anda, maka tiket kereta api bisa segera anda dapatkan secara online. Jangan lupa beli tiket secara online dari situs resmi atau situs terpercaya.

4. Mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi.

Mudik dengan kendaraan sendiri mungkin buat sebagian orang lebih asyik, akan tetapi  buat beberapa orang yang lain malah lebih ribet. Keadaan mudik dengan kendaraan sendiri juga tergantung dengan situasi anda dan kendaraan yang akan anda gunakan. Sehingga keadaan anda mungkin berbeda-beda dan mungkin cocok dengan salah satu keadaan di bawah ini.

a.  Anda tidak punya kendaraan untuk mudik lebaran tapi mau mudik dengan mobil pribadi.

Jika keadaan anda seperti ini, maka perlu beberapa persiapan yang mengasyikkan untuk anda tempuh sebelum anda mudik, antara lain:

– Anda datang ke dealer dan beli mobil baru buat mudik 😀 .

Ke dealer beli mobil baru buat mudik
Beli mobil baru buat mudik, cara ini sungguh asyik tapi…

Cara ini paling asyik, anda akan pulang dengan mobil baru. Di hari yang fitri anda suci seperti bayi dengan mobil baru. Pastinya anda akan merasa heppy dalam perjalanan anda mudik. Apabila keadaan anda seperti ini, ada beberapa syarat yang tidak bisa anda tinggalkan yaitu anda sudah harus bisa mengendarai mobil dan anda mempunyai Sim A yang masih berlaku. Ingat, jangan menggunakan Sim C 😀 . Apabila anda tidak memiliki sim A atau anda tidak bisa nyetir, jangan paksakan, cari sopir atau minta tolong saudara untuk menjadi sopir anda yang memiliki sim A dan sudah memahami mobil anda.

-Anda memiliki mobil lama dan ingin mudik dengan mobil baru. Apabila anda mengalami keadaan demikian, maka anda bisa mendatangi pedagang mobil lalu jual mobil lama anda, setelah itu datang ke dealer dan beli mobil baru 😀 atau anda tukar tambah mobil saja dengan pedagang mobil, tukar mobil lama anda dengan mobil yang lebih baru.

-Anda tidak memiliki mobil dan tidak punya uang untuk beli mobil, tapi ingin pulang dengan mobil baru. Jika keadaan anda demikian maka anda bisa mendatangi rental mobil. Bisa datang sendiri atau secara online, cari tahu harganya dan bayar sesuai dengan waktu yang anda perlukan. Jadi deh anda mudik dengan mobil pribadi.

-Jika anda tidak memiliki uang untuk sewa mobil tapi ingin mudik dengan mobil pribadi. Jika keadaan anda seperti ini maka anda bisa patungan dengan teman lain untuk menyewa satu mobil, maka anda bisa pulang dengan mobil pribadi.

-Anda tidak memiliki mobil, tidak bisa sewa mobil tapi anda memiliki mobil invetaris kantor. Jika keadaan anda seperti ini, anda bisa minta ijin pada bos anda untuk pulang kampung memakai mobil kantor. Keren kan….

b. Anda memiliki mobil pribadi untuk mudik lebaran

Jika keadaan anda demikian untuk mudik anda perlu melakukan  beberapa persiapan seperti cek kondisi kendaraan dan cek surat-surat kendaraan.

-Cek kondisi kendaraan. 

Cek mesin sebelum mudik
Pengecekan mesin sebelum mudik sangat penting untuk dilakuakan untuk kenyamanan dan keselamatan anda.

Anda perlu cek keadaan mobil anda mulai dari keadaan ban. Jangan mudik menggunakan kendaraan dengan ban yang tidak layak. Apabila mobil anda sudah gundul bannya, lebih baik di ganti yang baru. Lalu anda juga perlu cek kondisi mesin kendaraan anda apakah baik-baik saja. Apabila kendaraan anda baru dan masih mendapatkan servis gratis dari dealer, manfaatkan segera. Apabila kendaraan anda sudah tidak memiliki service dari dealer sebaiknya anda cek kendaraan anda ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda. Menjelang lebaran bengkel-bengkel biasanya padat, atau bahkan libur, anda harus antisipasi ini servicelah kendaraan anda sebelum bengkel terlalu padat atau tutup.  Anda harus memastikan membawa segitiga pengaman saat mudik, serta kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) jangan abaikan kotak ini karena bisa sangat anda perlukan apabila ada hal-hal yang tidak anda harapkan seperti kecelakaan.

-Cek surat-surat kendaraan anda. Jangan sampai pada saat mudik anda lupa membawa STNK anda atau lupa membawa SIM anda. Cek juga masa berlaku surat-surat anda jauh-jauh hari sebelum mudik supaya kalau ada yang tidak beres masih bisa anda urus pembenahannya.

-Cek perlengkapan lain. Sebelum mudik cek perlengkapan yang anda butuhkan seperti lampu senter, GPS, makanan, minuman, kompas dan peta. Dimana mungkin anda memerlukan kompas dan peta apabila anda melewati jalan alternatif yang tidak anda duga sebelumnya.

5. Mudik lebaran menggunakan sepeda motor.

Mudik dengan menggunakan sepeda motor sebenarnya tidak disarankan, terutama apabila jarak tempuh cukup jauh. Namun apabila anda mudik dengan jarak yang dekat, maka bisa menggunaka sepeda motor untuk mudik. Apabila anda mudik dengan menggunakan sepeda motor anda perlu melakukan beberapa persiapan mengenai kondisi fisik sepeda motor, surat-surat, maupun kelengkapannya.

a. Kondisi fisik sepeda motor

Secara umum sepeda motor juga harus di cek kondisi mesinnya seperti halnya mobil. Pengecekan keadaan mesin, oli sebaiknya jangan sampai melebihi pemakaian anjuran, roda kendaraan jangan sampai gundul, rem harus berfungsi dengan baik, spion lengkap, lampu nyala semua baik lampu besar maupun lampu kecil, lampu sign harus berfungsi, jangan ada baut-baut yang kendor atau lepas. Kalau perlu datanglah ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda untuk cek menyeluruh kendaraan anda.

b. Cek surat-surat kendaraan

Jangan lupa cek surat-surat kendaraan anda apakah masih berlaku, dan segera siapkan surat-surat tersebut jangan sampai ketinggalan pada saat mudik. Item ini mirip dengan mobil.

c. Cek kelengkapan lain

Helm buat mudik
Persiapan helm buat mudik

Periksalah kelengkapan lainnya seperti helm untuk anda sendiri dan apabila anda memboncengkan orang lain juga persiapkan helm untuk pembonceng. Anda juga perlu membawa kotak P3K seperti halnya pengendara mobil namun menggunakan box dengan ukuran yang sesuai sehingga bisa dibawa dalam perjalanan anda. Bawa alat komunikasi misalnya handohone, dilengkapi GPS lebih baik. Untuk perjalanan pendek yang anda sudah sangat kenal daerahnya mungkin tidak perlu peta dan kompas, namun tidak ada salahnya apabila anda membawa juga.

Yang juga perlu anda perhatikan saat mudik dengan kendaraan sendiri :

1. Uang

Ambil dana secukupnya sebelum mudik
Persiakan dana sebelum mudik secukupnya

Bawalah uang secukupnya saja saat mudik, tidak perlu terlalu banyak. Membawa uang terlalu banyak berbahaya buat anda dan orang-orang yang bersama anda. Apabila anda tidak membawa uang cash ambillah di ATM selagi anda menemukan ATM. Dalam perjalanan mudik, anda belum tentu menemukan ATM, atau kalaupun ada sering kali mengantri cukup panjang.

2. Isi BBM yang cukup sampai tempat tujuan

Isi bensin sebelum mudik
Mengisi bensin sebelum mudik

Meskipun dimana-mana ada pom bensin, tapi sebaiknya anda mengisi BBM sampai tempat tujuan mudik anda. Hal ini membuat perjalanan anda lebih tenang dan nyaman. Kemacetan yang mendadak saat mudik bisa menguras tangki bensin anda, apabila hal ini terjadi maka sekurangnya anda tidak perlu was-was apabila persediaan BBM di tangki masih cukup.

3. Istirahatlah pada saat lelah

Rest area tempat istirahat saat lelah mudik
Beristirahatlah kalau lelah saat mudik, carilah rest area

Terutama buat anda yang mengemudi, jangan paksakan berjalan apabila anda merasa lelah saat mudik nanti. Carilah tempat yang nyaman dan aman, bisa di rest area atau tempat-tempat lain yang aman. Istirahatlah kalau perlu tidur sampai anda merasa segar kembali, baru melanjutkan perjalanan. Bagi pengguna sepeda motor, pembonceng juga tidak boleh ngantuk, kalau ngantuk menepilah dan istirahat sampai anda segar kembali.

4. Siapkan uang untuk bayar tol

Siapin dana tol saat mudik
Siapkan dana tol saat mudik

Apabila anda tidak menyiapkan uang tol saat mudik, maka begitu masuk pintu tol anda kerepotan mencari uang tol. Hal ini selain merepotkan juga membuat anda berlama-lama di pintu tol. Akibatnya pengendara di belakang anda bisa merasa terganggu dan menekan-nekan klakson yang bisa membuat perasaan tidak nyaman. Sediakan uang tol untuk kenyamanan anda.

5. Kenakan sabuk pengaman

Pentingnya menggunakan sabuk pengaman saat mudik sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak referensi mengenai hal ini. Pakailah sabuk pengaman untuk kenyamanan dan keselamatan anda.

6. Jangan melebihi kapasitas

Kendaraan yang anda gunakan sudah memeiliki ketentuan jumlah penumpang yang diperbolehkan, pada saat mudik jangan membawa penumpang melebihi kapasitas penumpang kendaraan anda. Selain penumpang anda juga harus membatasi barang bawaan anda supaya tidak melebihi kapasitas.

7. Isi pulsa handphone anda

Selama perjalanan mudik bisa terjadi hal-hal di luar dugaan. Isilah pulsa handphone anda, sehingga apabila ada hal-hal yang tidak terduga anda bisa menghubungi sanak saudara yang bisa membantu anda. Selain itu anda juga perlu menginformasikan kepada keluarga yang anda tuju bahwa anda sedang mudik supaya sesampai di tempat tujuan mereka tidak kaget. Informasi ini penting karena tanpa informasi mungkin saja keluarga yang anda tuju sedang bepergian sehingga mudik anda menjadi sia-sia.

8. Patuhilah rambu-rambu lalulintas dan petugas di lapangan

Selama mudik akan ada rambu-rambu lalulintas dan ada petugas di lapangan. Patuhilah rambu-rambu dan petugas kepolisian yang membantu dengan mengatur lalulintas.

J. Penutup

Uraian di atas adalah beberapa hal yang bisa membantu mudik anda sehingga mudik jadi asyik. Tips mudik lebaran di atas kami harapkan bermanfaat buat anda semua.

Iklan

One thought on “Tips Mudik Lebaran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s