Cara Belajar yang Efektif


Cara belajar efektif atau tidak sangat mempengaruhi hasil akhir dari proses belajar.  Apabila adik-adik pelajar sudah belajar tapi mengalami hasil kurang baik, mungkin ini karena cara belajar yang kurang efektif.

Buat anak Kaligowong, anak Wadaslintang, anak Wonosobo dan anak manapun yang tertarik dengan cara belajar efektif silahkan memanfaatkan postingan ini. Cukup lama penulis tidak melakukan posting,  sehubungan banyak teman penulis pada facebook yang masih pelajar maka penulis bermaksud sedikit memberikan sumbangan pengalaman masa lalu tentang cara belajar yang efektif. Tulisan dengan judul Cara Belajar Efektif ini hanya dimaksudkan sebagai renungan dan koreksi buat pembaca untuk diambil hikmahnya serta dibandingkan cara belajar yang sudah dilakukan apakah cara belajar selama ini sudah efektif  ataukah belum. Cara Belajar Efektif sekurang-kurangnya mempertimbangkan :

A. Waktu belajar

B. Planning

C. Schedulling

D. Lama Belajar

E. Disiplin

F. Hindari sistim kebut semalam

G. Belajarlah dari pelajaran yang dianggap mudah dan disenangi

H. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan

Item A sampai H, perlu mendapatkan perhatian dengan baik sehingga di peroleh cara belajar yang efektif.

A. Waktu Belajar Yang Efektif

Waktu belajar harus disesuaikan dengan jadwal lain bagi masing-masing pelajar, dimana supaya diperoleh cara belajar yang efektif, pelajar perlu mempertimbangkan kesibukan sehari-hari dan jam belajar di sekolah. Jam berapa pulang sekolah, berapa lama diperjalanan dan jam berapa sampai rumah.  Setelah pulang sekolah, sebaiknya istirahat terlebih dahulu dan tidak langsung mulai belajar, sebab belajar dalam keadaan capai tidak akan memperoleh hasil yang efektif. Selain itu perlu diperhatikan keadaan di rumah, misalnya jam-jam bermain adik-adiknya, apakah punya ruangan tersendiri untuk belajar ataukah belajarnya di ruang keluarga misalnya karena tidak ada ruangan lain yang khusus buat belajar. Setelah mengetahui waktu yang tersedia dan mempelajari keadaan di rumah, seorang pelajar mulai menentukan waktu yang tepat untuk belajar dengan memilih waktu dimana keadaan rumah sedang tenang dan pelajar sudah cukup beristirahat. Pelajar sebaiknya berkomunikasi dengan anggota keluarga lain termasuk ayah, ibu serta  yang lain mengenai waktu yang akan digunakan untuk belajar, dengan demikian anggota keluarga yang lain akan membantu proses belajar sehingga dengan  cara ini belajar menjadi lebih efektif. Apabila dalam satu keluarga terdapat anggota keluarga yang lain yang juga pelajar maka bisa dilakukan kesepakatan waktu belajar bersama sehingga bisa lebih bersemangat dan terjadi sinergi, dengan cara demikian belajar akan efektif. Setelah di tentukan waktu belajar yang tepat, maka pelajar perlu melakukan kegiatan belajar ini sesuai waktu yang ditentukan, dalam arti tidak mengulur-ulur waktu.

B. Planning

Untuk memperolah cara belajar yang efektif seorang pelajar perlu melakukan rencana belajarnya. Hal ini berhubungan dengan mata pelajaran rutin dan mata pelajaran tertentu yang memiliki banyak tugas. Untuk mata pelajaran dengan banyak tugas perlu dialokasikan waktu yang lebih panjang dan mungkin tidak selesai dalam waktu satu hari. Misalnya mata pelajaran dengan tugas yang bahannya harus di beli di tempat yang agak jauh atau harus diambil dari seseorang yang adanya hanya hari-hari tertentu saja. Supaya tugas bisa selesai tepat waktu secara efektif,  maka harus di buat rencana kapan mengambil bahannya, kapan dikerjakan, berapa lama mengerjakannya dan apabila tidak selesai sehari maka akan dikerjakan pada hari apa saja.
Selain tugas tersebut, pelajar juga perlu merencanakan untuk belajar mata pelajaran yang lain. Gunanya perencanaan, antara lain supaya tugas bisa selesai tepat waktu dan mata pelajaran lain tidak terganggu, dengan cara ini diperoleh cara belajar yang efektif.

C. Schedulling

Pada bagian B sudah disebutkan bahwa mata pelajaran ada yang rutin dan ada yang tidak rutin, kadang-kadang pelajar juga harus mengerjakan tugas-tugas tertentu, selain itu ada juga pelajaran yang bersifat outbond. Untuk mengakomodir itu semua  maka pelajar perlu melakukan penjadwalan . Tanpa penjadwalan maka cenderung belajar mata pelajaran yang disukai saja sehingga mata pelajaran tertentu yang kurang disukai menjadi terbengkelai. Dengan cara demikian maka proses belajar yang dilakukan kurang efektif. Dengan penjadwalan maka semua mata pelajaran memperoleh perhatian secukupnya sehingga belajar menjadi lebih efektif.

D. Lama Belajar

Pada dasarnya untuk menemukan cara belajar yang efektif seorang pelajar perlu belajar selama masih bisa berkonsentrasi, karena tanpa konsentrasi yang cukup cara belajar tidak akan efektif. Namun beberapa orang menyarankan belajar selama 2 (dua) jam setiap harinya, dimana dalam dua jam ini di bagi untuk beberapa pelajaran yang lamanya disesuaikan dengan bobot pelajaran masing-masing.

E. Disiplin

Setelah menentukan lama waktu belajar dan sudah membuat schedule, seorang pelajar harus berusaha menjalankan proses belajar sesuai dengan cara belajar yang direncanakan itu supaya efektif. Sebab tanpa memgacu pada rencana maka semua rencana dan schedulnya tidak berguna dan cara belajar demikian tidak efektif.

F. Hindari belajar sisitim kebut semalam (SKS)

Kebiasaan yang tidak terencana bisa membahayakan kesehatan pelajar misalnya belajar sitim kebut semalam dan tidak tidur, cara belajar seperti ini tidak efektif karena menimbulkan stres dan bisa membuat sakit karena memaksakan untuk mengerti semua pelajaran dalam waktu singkat. Bisa dipastikan cara belajar seperti ini tidak efektif dan perlu dihindari 😦

G. Belajarlah dari pelajaran yang mudah dan disenangi

Salah satu cara belajar yang cukup efektif adalah dengan mempelajari mata pelajaran yang disenangi terlebih dahulu 😀 . Dengan demikian maka akan semangat dan apabila pelajaran yang di senangi sudah dikuasai, akan memberikan rasa percaya diri untuk mempelajari pelajaran yang kurang disenangi, dengan cara ini maka belajar lebih efektif 🙂

H. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan

Selain hal-hal diatas untuk memperoleh cara belajar yang efektif, perlu memperhatikan antara lain hal-hal berikut:

1. Jangan belajar di tempat yang gelap, gunakanlah lampu yang terang

Belajar di tempat yang gelap membuat kepala pusing dan tidak konsentrasi, maka supaya cara belajar bisa efektif gunakanlah lampu yang cukup terang.

2. Siapkan peralatan yang akan digunakan sebelum mulai belajar

Sebelum belajar dimulai, alat-alat yang akan digunakan seperti pensil, pena, penghapus, penggaris perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Sebab kalau alat-alat belum dipersiapkan setiap mau menggunakan perlu mencari terlebih dahulu, yang akan menghabiskan banyak waktu belajar. Cara belajar demikian menjadi tidak efektif.

3. Gunakan tempat duduk yang nyaman

4. Jangan belajar di tempat tidur

Kalau kalian belajar di tempat tidur, sebentar saja kalian tertidur, maka belajarlah di meja belajar. Cara belajar di tempat tidur tidak akan efektif.

5. Belajarlah mengerjakan soal-soal jangan hanya membaca teori

6. Kalau ingin belajar kelompok hendaknya dengan partner yang serius mau belajar

Belajar berkelompok dengan teman yang tidak serius ingin belajar biasanya hanya menghabiskan waktu buat main-main sehingga cara ini tidak membuat belajar jadi efektif. Carilah teman belajar yang cocok dan benar-benar ingin belajar.

7. Rajin bertanya kepada guru atau teman kalau ada yang tidak tahu

8. Bacalah buku-buku yang inspiratif

Belum lama ini saya jalan-jalan di toko buku dan menemukan sebuah buku yang benar-benar menginspirasi yang terjadi pada seorang anak yang memiliki cara belajar sangat efektif dimana pada usia 11 tahun sudah lulus kuliah. Berikut ini adalah kisahnya.

9. Jangan hanya mainanan medsos melulu

Facebook dan media sosial lainnya seperti twitter memang mengasyikkan, tapi ingatlah waktu belajar. Saatnya belajar hentikan bermedsos dan fokus pada pelajaran.

 

KISAH CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DARI MOSHE LULUS KULIAH USIA 11 TAHUN

– Salah satu kisah yang sangat menginspirasi tentang cara belajar efektif yaitu seorang anak yang bisa lulus kuliah umur 11 (sebelas) tahun dengan IPK 4.

moshe-wisuda-cara-belajarnya-sangat-efektif
Moshe memiliki cara belajar sangat efektif

Bahkan anak ini mengalami banyak hambatan dalam menempuh pendidikan formalnya, berbagai penolakan dari sekolah formal dialaminya dengan beberapa alasan karena akan memasuki kelas yang dianggap tidak sesuai dengan umurnya. Hal itu pada awalnya menjadi masalah, namun kemudian dapat diatasi dengan menempuh pendidikan di rumah (home schooling) dan bahkan dididik sendiri oleh ibunya. Namun kemudian ibunya menemukan cara belajar yang sangat efektif yang membuahkan hasil penguasaan materi yang jauh lebih baik dari anak seusianya yang menjalani pendidikan secara biasa.  Pada umur 8 (delapan) tahun dia memasuki akademi di Amerika Serikat dan lulus dengan gelar A.A (Associate of Art atau diploma) dalam usia 11 (sebelas) tahun. Keberhasilannya ini membuktikan betapa cara belajar yang dijalaninya begitu efektif.

mose_book_sSiapakah anak itu yang memiliki cara belajar sangat efektif? Dia bernama Moshe Kai Cavalin yang bahkan mengaku tidak jenius, dia berkata,”Aku tidak genius, dengan strategi dan metode belajar yang tepat, bisa berprestasi di akademis dan meraih banyak trofi dari kompetisi bela diri, piano, drama, menyelam & menerbangkan pesawat ringan”. Dia tidak genius tapi memiliki cara belajar yang sangat efektif.

Dia menulis buku sendiri yang kemudian diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berjudul ” Di Tolak di Sekolah Formal Lulus Kuliah Umur 11 Tahun dengan IPK 4!” yang diterbitkan oleh Media Pusindo.

PERAN ORANG TUA

– Pada keberhasilan Moshe, orang tua sangat berperan dalam membantunya berhasil, bahkan orang tuanyalah yang menemukan cara belajarnya pic1yang sangat efektif itu. Seperti yang dikatakan Moshe pada bukunya, “Proses belajar yang sebenarnya dimulai segera setelah aku lahir. Ayah berpikir dengan meletakkan benda-benda yang menarik perhatianku di dalam boks bayi adalah penting karena melatih interaksi pancainderaku. Boks bayiku tampak seperti sebuah karnaval khas Brasil karena banyak benda warna-warni yang bergelantungan dan bergerak berputar-putar di atas boks. Musik klasik atau musik yang lembut dimainkan di sekelilingku dengan suara lirih hampir setiap saat”.

MERANGSANG PANCA INDRA

– Moshe tinggal dekat jalan yang sangat ramai dan juga dekat air port, sehingga banyak mendengar suara-suara pesawat naik-turun dan pasti bising yang ternyata juga merangsang indranya dan melatih stimulus audio dan visualnya. Sambil diajarin cara mengucapkannya maka Moshe segera bisa mengucapkan kata pesawat, helicopter, mama dan papa.

Saat Moshe bisa merangkak, ayahnya membelikan segudang mainan yang merangsang indranya sebagai cara agar inderanya mulai belajar mengenal segala sesuatu secara efektif. Mainan seperti mobil-mobilan plastik, rumah-rumahan kecil, hewan-hewan kecil dari plastik dan buku-buku bergambar di letakkan di area bermain Moshe.

KARTU-KARTU

– Ayah Moshe menyadari bahwa dengan mengenalkan audio dan visual terbukti Moshe bisa mengucapkan kata-kata dengan cepat. Lalu ayah kartuMoshe mencara cara pembelajaran lain yang efektif, yaitu dengan membuat kartu-kartu. Kartu-kartu itu berisi gambar dan kata-kata, kartu-kartu bergambar binatang dan bertuliskan nama binatang. Dengan menunjukkan kartu itu kepada Moshe sang ayah menirukan suara binatang, ternyata cara pembelajaran seperti itu terbukti efektif sebab Moshe segera bisa mengenali tulisan pada kartu tersebut setelah ayahnya menyebutkan kata berulang-ulang yang tertulis pada kartu tersebut. Moshe bisa mengucapkan kata yang tertulis pada kartu apabila kartu itu ditunjukkan padanya. Sebelum usia tujuh bulan Mose bisa mengucapkan dua puluh satu benda dan melafalkan nama namanya dengan cara ayahnya menunjukkan kartu tersebut. Nah….. siapa yang yang tidak setuju bahwa cara belajar seperti ini cukup efektif?

USIA MENJELANG 2 TAHUN

– Pada saat menjelang 2 tahun berat otak bayi mendekati 80% otak orang dewasa. Pada saat itu orang tua Moshe mulai mengenalkan matematika. Ibunya menunjukkan sebuah benda dan menambahkan benda lagi. Hingga Moshe bisa menyebutkan dua mobil ketika sebuah mobil ditunjukkan dan ditambah sebuah mobil lagi.

USIA 4 TAHUN

– Pada usia ini orang tuanya merancang cara belajar yang terbukti efektif, yaitu M2SM (Matematika, Musik, Seni Bela Diri, plus Membaca). Kegiatan lain adalah cara belajar dengan mengulangi pelajaran kemarin sampai bisa yang terbukti efektif. Orang tua Moshe juga menekankan pelajaran matematika.

riddingCara belajar yang dilakukan Moshe terbukti efektif karena sebelum berusia 5 tahun Moshe bisa mempelajari buku-buku pelajaran matematika kelas tujuh yang digunakan di SMP.

Moshe tidak hanya mempelajari pelajaran sekolah tapi juga belajar main piano. Cara belajar ini tidak diragukan lagi efektif tidak hanya dalam prestasi akademis tetapi juga membangun keseimbangan, bahkan Moshe mempelajari seni bela diri judo, jujitsu dan karate serta berolah raga menunggang kuda.

Dalam belajar membaca awalnya ibunya mengajari membaca dengan buku yang mudah. Lalu kemudian ibunya mencari buku-buku sekolah dasar, lalu semakin lama memusatkan pada buku-buku saint, fakta-fakta dan orang yang merubah dunia.

SEKOLAH FORMAL

– Seperti saya sebutkan sebelumnya Moshe mengalami kesulitan pada waktu mencari sekolah formal yang mau menerima sesuai kemampuan belajarnya. Karena berhasil dalam cara belajarnya yang efektif, kemampuannya menjadi di atas rata-rata anak seusianya. Ibunya ingin menyekolahkan dengan kelas yang sesuai dengan kemampuannya namun pihak sekolah menolaknya. Beruntung pada usia 8 tahun Moshe di terima di akademi ELAC dan pada usia 11 tahun lulus dengan IP 4.

AMBIL HIKMAHNYA

– Cerita ini saya sampaikan supaya diambil hikmahnya, dimana menurut saya cara belajar yang dilakuakan Moshe sangat efektif. Mungkin anda bertanya-tanya seperti apa Moshe sekarang mengingat saat ini pastilah sudah besar. Untuk itu saya persilahkan anda mengunjungi websitenya secara langsung yaitu http://www.moshekai.com, mungkin anda bisa bertanya kepadanya langsung, kok cara belajarnya bisa begitu efektif 🙂 . Bagi yang menginginkan facebook dan twitter Moshe bisa mengunjungi websitenya, di sana bisa dilihat.

Demikian postingan Cara Belajar Efektif ini, semoga bermanfaat, kalian bisa komen di postingan ini, kalau ada kesempatan saya pasti menjawabnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s