Wadaslintang


Wadaslintang yang merupakan sebuah kecamatan di kabupaten Wonosobo mempunyai kondisi antara lain sebagai berikut :

A. KENDARAAN UMUM DI WADASLINTANG

Di Kecamatan Wadaslintang terdapat angkutan umum yang biasa dipakai warga sehari-hari. Di Wadaslintang moda angkutan umum berupa bus, angkot, truk, mobil pick up dan ojek. Bus biasanya untuk angkutan jarak jauh seperti Wadaslintang – Wonosobo dan Wadaslintang – Kebumen, masyarakat Wadaslintang terbiasa travelling dari Wasaslintang-Wonosobo, Wadaslintang-Kaligowong maupun Kaligowong-Wonosobo.  Angkot untuk jarak pendek namun bisa juga untuk Wadaslintang – Kaliwiro. Truk di Wadaslintang digunakan sebagai angkutan ternak, kayu dan hasil pertanian. Sedangkan mobil pick up di Wadaslintang digunakan sebagai angkutan dagangan ke pasar. Selain itu di Wadaslintang terdapat ojek dengan rute sesuai pesanan penumpang.

B.HARI PASARAN DI WADASLINTANG 

Wadaslintang sebagai kecamatan terdiri dari beberapa desa. Desa-desa di Kecamatan Wadaslintang seperti halnya Kaligowong menggunakan pasaran sebagai patokan pasaran seperti Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan Manis. Untuk Wadaslintang sendiri menggunakan hari Wage sebagai hari pasaran. Pasar Wadaslintang merupakan pasar yang cukup lengkap yang memenuhi kebutuhan masyarakat Wadaslintang untuk sandang dan pangan. Pada hari pasaran di Wadaslintang juga terdapat perdagangan binatang ternak seperti sapi dan kambing. Sehingga hasil pertanian dan peternakan masyaraakat Wadaslintang bisa dipasarkan di Pasar Wage Wadaslintang ini.

Selain Pasar Wage di Wadaslintang, di tiap desa yang masuk kecamatan Wadaslintang terdapat pasar tradisional sendiri-sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat sekaligus sebagai tempat memasarkan produk setempat.

C. DESA WADASLINTANG ADALAH DESA ADMINISTRATIF 

Batas wilayah Wadaslintang
Batas Wilayah Wadaslintang

Desa-desa yang masuk Kecamatan Wadaslintang pada umumnya dipimpin oleh kepala desa yang dipilih secara voting oleh masyarakat setempat. Namaun hal ini berbeda dengan Desa Wadaslintang dimana Desa Wadaslintang dipimpin oleh Lurah yang ditunjuk oleh pemerintah untuk memimpin desa tersebut tanpa melalui pemilihan.

D. HASIL-HASIL ALAM WADASLINTANG 

Di Wadaslintang, pertanian berkembang dengan baik. Salah satu hasil pertanian yang cukup menonjol adalah kayu. Namun di kecamatan Wadaslintang juga dihasilkan beras, singkong, jagung, kelapa dan hasil-hasil pertanian yang lain. Di kecamatan Wadaslintang juga terdapat peternakan ayam, puyuh, sapi maupun kambing dalam jumlah tertentu. Selain hasil alam di Kecamatan Wadaslintang juga terdapat hasil makanan olahan seperti emping dan rengginang. Masyarakat di kecamatan Wadaslintang juga memiliki ketrampilan seperti menjahit pakaian, tas, topi dan lain-lain dimana apabila kerajinan di Kecamatan Wadaslintang tersebut terus dikembangkan maka akan menjadi sumber penghasilan yang baik bagi masyarakat Wadaslintang itu sendiri.

Selain itu di Wadaslintang produksi hewan ternak juga cukup baik dengan adanya pasar hewan yang sudah berjalan sejak lama maka produksi hewan sudah berjalan secara kontinue. Beberapa jenis binatang di Kecamatan Wadaslintang yang dikembangkan tergolong baru antara lain adalah Kambing Etawa, ternak burung puyuh, juga perikanan yang dikembangkan di Waduk Wadaslintang.

 E. PRASARANA LAIN DI KECAMATAN WADASLINTANG

Desa-desa di Kecamatan Wadaslintang pada umumnya sudah berpenerangan listrik dan terdapat sinyal telepon GSM, dengan demikian otomatis jaringan internet sudah masuk dan masyarakat terbiasa dengan online melalui medsos seperti facebook dan twitter. Dengan keadaan demikian mestinya desa-desa di Kecamatan Wadaslintang bisa berkembang lebih baik bahkan bisa menjadi produsen suatu produk apabila dikembangkan di Wadaslintang.

Dari Wadaslintang bisa berwisata ke Waduk Wadaslintang, Dieng, Wisata Pemandangan Wonosobo dan sedikit agak jauh bisa ke Pantai Ambal namun sudah masuk Kabupaten Kebumen. Di Kabupaten Kebumen juga terdapat wisata Benteng Van Der Wijck.

Demikian sekilas tentang Wadaslintang yang merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Wonosobo.

Iklan

3 thoughts on “Wadaslintang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s