Wonosobo


  • Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah dengan ibu kota Wonosobo itu sendiri. Wonosobo berbatasan dengan kabupaten lain yaitu Temanggung, Magelang, Kebumen, Purworejo , Banjarnegara, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal.
Taman samping alun-alun
Taman di samping alun-alun Wonosobo

Sebagai warga Kabupaten Wonosobo maka orang Desa Kaligowong wajib mengenal Wonosobo dengan baik, berikut ini beberapa hal yang bisa membantu mengenal Wonosobo. Wonosobo merupakan Kabupaten dimana saya tinggal dengan alamat desa saya Kaligowong, Wadaslintang dan kabupaten Wonosobo.



Petunjuk membaca artikel ini

Artikel ini cukup panjang sehingga pembaca bisa langsung lompat ke sub judul berikut ini apabila tidak menginginkan membaca secara runtut :

A. Sejarah Berdirinya Wonosobo
B. Wilayah Wonosobo
C. Wisata Wonosobo
D. Hotel di Wonosobo
E. Iklim di Wonosobo
F.  Prasarana Transportasi Wonosobo
G. Makna Wonosobo
H. Pertanian di Wonosobo
I. Mata Pencaharian Penduduk Wonosobo
J. Pemerintahan Kota Wonosobo
K. Prasarana Kesehatan Wonosobo
L. Penutup



A. Sejarah Berdirinya Wonosobo

Kabupaten Wonosobo berdiri sejak tanggal 24 Juli 1825. Kedudukan Wonosobo berada dibawah Kasultanan Yogyakarta. Bupati Wonosobo yang pertama adalah Kanjeng Raden Tumenggung (KRT)  Setjonegoro. Penetapan tanggal 24 Juli 1825 sebagai Hari Jadi Kabupaten Wonosobo tak lepas dari sejarah dimana Bupati Pertama yang waktu itu memusatkan pemerintahannya di Ledok memindahkan pusat pemerintahan ke Wonosobo. Hal ini didasarkan kepada Tim Peneliti dari Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada (UGM) bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), para sesepuh dan beberapa tokoh, termasuk pimpinan dewan perwakilan rakyat pada tanggal 28 April 1994.  Sampai sekarang pada tanggal 24 Juli 1825 diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Wonosobo. Adapun yang menjabat Bupati waktu itu adalah Tumenggung R. Setjonegoro dimana beliau menjabat sebagai Bupati Wonosobo yang pertama pada tahun ( 1825 – 1832 ).

Selama Perang Diponegoro (1825 – 1830) , Kabupaten Wonosobo mempunyai andil yang sangat penting. Dimana waktu itu Wonosobo menjadi basis pertahanan Pangeran Diponegoro dimana saat itu terdapat tokoh-tokoh penting yang mendukung Pangeran Diponegoro.

 

B. Wilayah Wonosobo

Wilayah Kabupaten Wonosobo dibagi dalam beberapa kecamatan dengan pemerintahan dipimpin oleh Camat. Kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo adalah sebagai berikut :

1. Kecamatan Wonosobo
2. Kecamatan Watumalang
3. Kecamatan Sapuran
4. Kecamatan Leksono
5. Kecamatan Kertek
6. Kecamatan  Kepil
7. Kecamatan Kejajar
8. Kecamatan Kalikajar
9. Kecamatan Garung
10. Kecamatan Wadaslintang
11. Kecamatan Kalibawang
12. Kecamatan Mojotengah
13. Kecamatan Selomerto
14. Kecamatan Sukoharjo
15. Kecamatan Kaliwiro

 

C. Wisata Wonosobo

Wonosobo memiliki berbagai lokasi wisata yang sudah terkenal sejak dahulu. Kota Wonosobo sendiri memiliki udara yang sejuk sehingga sesuai untuk wisata dimana Wonosobo merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah.

Alun-alun Wonosobo
Pemandangan alun-alun Wonosobo

Di wonosobo terdapat prasarana angkutan umum yang bisa dipakai untuk mengunjungi salah satu obyek wisata di wilayah Wonosobo dari satu titik ke titik lainnya. Obyek-obyek wisata di wilayah Kab. Wonosobo antara lain:

  1. Bendungan Wadaslintang

Di wilayah kabupaten Wonosobo terdapat satu obyek wisata yang cukup terkenal. Obyek wisata tersebut berupa bendungan. Disana anda bisa menikmati naik perahu, mancing atau menikmati pemandangan alamnya yang segar dan indah. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Waduk Wadaslintang.

2. Obyek wisata Dieng Plateu.

candi_dieng_wonosobo
Candi Dieng dan pengunjung

Salah satu obyek wisata Wonosobo yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi adalah Candi Dieng.

Sebagai tempat wisata di wilayah Kab Wonosobo dimana sebagian masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara, Dieng sangatlah terkenal. Di sana terdapat wisata Dieng Plateu dan dapat dinikmati danau dan juga Candi Dieng. Suhu di Dieng sangat sejuk dan pada saat paling dingin bisa 0º Celcius.

Pada Dieng Plateu bisa dikunjungi obyek wisata antara lain :

  • Kawah Dieng

Di Dieng banyak terdapat kawah-kawah yang bisa anda saksikan. Kawah-kawah tersebut mengandung belerang dan apabila disentuh airnya terasa anget. Air pada kawah mengeluarkan uap air menandakan kawah yang masih aktif.

  • Candi Pandawa

Candi yang berada di kawasan Dieng ini diberi nama seperti nama-nama kesatria pandawa yang berjumlah lima orang yaitu antara lain Puntadewa, Candi Bima, Candi Arjuna.

  • Sumur
  • Telaga Warna
3.  Wisata Kuliner.

Di Wonosobo banyak wisata kuliner yang bisa anda nikamati silahkan kunjungi  makanan khas Wonosobo untuk informasi selengkapnya.

D. Hotel di Wonosobo

Dalam rangka pengembangan Wisata Wonosobo, keberadaan hotel sebagai pendukung sangat diperlukan. Hotel yang memenuhi kriteria sebagai kota destinasi wisata.

Di Wonosobo terdapat hotel-hotel yang bisa di gunakan untuk menginap para wisatawan baik untuk wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di Wonosobo tersedia Hotel Bintang Empat, Hotel Bintang Dua, Hotel Melati yang cukup banyak dan Home Stay yang terseber di beberapa tempat destinasi wisata Wonosobo.

Hotel-hotel yang terdapat di Kabupaten Wonosobo antara lain :

  • Hotel Kresna (Bintang Empat)

Jl. P. Ronggolawe No. 30

Telp 324111

  •  Hotel  Surya Asia (Bintang Dua)

Jl. A. Yani No. 37 Telp 322992

  • Hotel Bhima (Melati)

Jl. A. Yani Telp 321233

  • Hotel   Sri Kencana (Melati)

Jl. A. Yani No. 81 Telp 321551

  • Hotel  Parama (Melati)

Jl. A. Yani No. 112 Telp 321788

  • Arjuna (Melati)

Jl. Sindoro Telp 321389

  • Hotel Dewi (Melati)

Jl. A. Yani Telp 321813

  • Hotel Kledung Pass (Melati)

Jl. Raya Wsb-Magelang Km.17  Telp 321266

  • Hotel Nirwana (Melati)

Jl. Resimen 18 No. 36 Telp 321066

  • Hotel Petra (Melati)

Jl. A. Yani No. 97 Telp 321447

  • Hotel Mandala Wangi (Melati)

Jl. Bambang Sugeng Km. 4 Mendolo Telp 321181

  • Hotel Dieng (Melati)

Jl. Bhayangkara No. 39 Telp 322035

  • Hotel Asri (Melati)

Jl. Resimen 18, Telp 322476

  • Hotel Family (Melati)

Jl. Sumbing No. 16 Telp 321396

  • Hotel Sindoro (Melati)

Jl. Sumbing No. 14 Telp 321179

  • Hotel Widuri (Melati)

Jl. Resimen 18 No. 44 Telp 322585

  • Hotel Asri Dieng (Melati)

Jl. Telaga Warna Dieng Telp 3342034

  • Hotel Bu Djono (Melati)

Jl. Dieng Plateau Telp 393814

  • Hotel Slamet (Melati)

Jl. S. Parman No. 22 Telp 321880

  • Hotel Tirto Arum (Melati)

Jl. Kertek Km. 4 Wonosobo

  • Wisma PJKA (Melati)

Jl. Ronggolawe Telp 321133

E. Iklim di Wonosobo

Wonosobo memiliki suhu yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata kabupaten lain di wilayah Jawa Tengah kecuali Kabupaten Banjarnegara yang relatif mirip dengan suhu udara di Kabupaten Wonosobo. Suhu udara yang lebih sejuk sangat mendukung Wonosobo sebagai destinasi wisata karena dengan sudu udara yang demikian sangat nyaman untuk rekreasi dan wisata.

Data temperatur dan kelembaban udara BMKG
Data temperatur dan kelembaban udara BMKG

Suhu sejuk Wonosobo didukung data dari BMKG, sebagai contoh saya ambil data BMKG untuk 24 -25 Agustus 2015 suhu diperkirakan 18 – 27 °C dengan kelembaban udara 70-95 %. Bisa dibandingkan dengan suhu rata-rata untuk tanggal yang sama di kabupaten lain di Jawa Tengah.

Curah hujan di Wonosobo termasuk dalam katagori rendah dimana apabila diambil contoh bulan agustus 2015, perkiraan data curah hujan Wonosobo masuk antara 0 – 50 mm. Data ini bisa kita lihat dari data BMKG pada perkiraan bulan agustus 2015 sebagai berikut.

Curah hujan
Perkiraan curah hujan Wonosobo dari BMKB

F.  Prasarana Transportasi Wonosobo

Wonosobo, sebagai ibukota kabuaten memiliki prasarana transportasi yang cukup lancar ke arah kabupaten-kabupaten disekitarnya seperti ke Banjarnegara, Magelang, Purworejo  maupun Kebumen. Alat transportasi yang ada terutama berupa bus. Untuk transportasi dalam Kota Wonosobo, terdapat angkutan umum berupa bus, angkot dan andong. Andong adalah moda transportasi kereta yang ditarik oleh kuda. Di Wonosobo, moda transportasi ini masih berjalan dengan baik, sedangkan moda transportasi berupa becak yang banyak terdapat di Kebumen jarang bisa di temui di Wonosobo. Hal ini mungkin disebabkan medan yang berat dengan jalan yang naik turun sehingga bagi becak mengalami kesulitan mengayuhnya saat naik dan sulit mengendalikan pada turunan tajam. 

Untuk mencapai Kota Wonosobo bisa ditempuh dengan alat transportasi berupa bus atau menggunakan jasa travel. Dari terminal Wonosobo terdapat angkutan bus menuju Jakarta, Semarang, Purworejo, Banjarnegara dan Purwokerto. Dengan demikian tidak ada kendala bagi wisatawan untuk menuju kota Wonosobo. Dari desaku travelling ke kota Wonosobo bisa ditempuh dengan sepeda motor atau angkutan umum seperti bus.

Untuk transportasi antar kota dan antar propinsi Warga Wonosobo yang mau keluar dan masuk ke wilayahnya serta keperluan bisnis warga maupun bebisnis dari luar bisa memanfaatkan Terminal Induk Mendolo.  Di terminal ini bisa ditemukan angkutan antar kota dan antar propinsi berupa bus. Terminal ini bisa melayani antara kain angkutan menuju Purworejo, Yogyakarta, Wadaslintang, Banjarnegara, Semarang, Banjarnegara, Purwokerto, Jakarta dan lain-lain.

Selain Terminal Induk Mendolo terdapat terminal Sawangan.  Terminal ini berada di Jalan Raya Wonosobo – Banjarnegara. Bus-bus ke arah barat seperti ke Jakarta melalui terminal ini juga.

Terminal dalam kota untuk angkutan kota menggunakan Terminal Angkot  Pasar Induk  Wonosobo, lokasi ini dekat dengan alun-alun Wonosobo. Tepatnya terminal berada di Jalan Pasar I Wonosobo.

G. Makna Wonosobo

Sebagai warga Desa Kaligowong rasanya kurang kalau belum berbicara Wonosobo. Sebagai ibu kota Kabupaten, Wonosobo tidak dapat dilupakan begitu saja oleh warga Desa Kaligowong. Banyak anak-anak Desa Kaligowong yang semula menuntut ilmu melalui bangku sekolah di Wonosobo. Dimana anak-anak tersebut saat ini sudah menduduki jabatan-jabatan baik di pemerintahan, sebagai  guru pengajar maupun tidak jarang yang berhasil berwirausaha. Pada saat tulisan ini di buat, Desa Kaligowong dipimpin oleh kepala desa Bapak Mansuri yang semula menuntut ilmu di Kabupaten Wonosobo. Bapak Mansuri sebagai kepala Desa Kaligowong semula adalah seorang guru sekoah. Beliau lahir di Desa Kaligowong, menuntut ilmu sampai Wonosobo dan saat ini menjabat Kepala Desa Kaligowong. Wonosobo memiliki iklim yang sejuk, karena Wonosobo sebagai kota berada pada daerah ketinggian. Kota Wonosobo juga meruakan kota wisata, di sana sering dikunjungi turis-turis asing yang sekaligus bisa singgah di obyek wisata Dieng. Kota Wonosobo telah memiliki sarana yang memadai sebagai obyek wisata, karena selain alamnya yang indah juga terdapat restoran-restoran dan juga hotel. Tempat wisata yang diantaranya yang cukup terkenal adalah Waduk/Bendungan Wadaslintang yang terletak di Kecamatan Wadaslintang.

Warga Kaligowong pada saat-saat tertentu pergi ke Wonosobo untuk berwisata dan mengurus keperluan-keperluan tertentu. Anak Kaligowong memerlukan tempat-tempat jika ingin berbelanja seperti handpone, laptop, televisi dan sebagainya karena barang-barang tersebut belum tersedia secara memadai di Kaligowong.

H. Pertanian di Wonosobo

Wonosobo memiliki hasil .pertanian yang cukup beragam, beberapa hasil pertanian di Wonosobo antara lain : 1. Kayu 2. Tembakau 3. Kentang 4. Padi 5. Jagung 6. Sayur-sayuran 7. Tanaman Herbal dan lain-lain.

  • Kayu

Hasil pertanian Wonosobo berupa kayu tidak diragukan lagi dimana disana senantiasa dilakukan penanaman kayu-kayu baru sehingga kayu yang ditebang akan dihantikan oleh tanaman kayu yang lebih kecil. Dengan demikian kontinuitas tanaman kayu akan terjaga.

Hasil panen kayu bisa dilihat dengan  banyaknya tumpukan-tumpukan kayu yang biasanya terdapat di dekat pabrik pengolahan kayu. Selain itu banyak kayu-kayu yang terdapat di kebun-kebun penduduk dalam keadaan belum di panen.

  • Tembakau

Ladang-ladang tembakau banyak tersebar di wilayah Wonosobo. Bisa dilihat pada jalan Magelang dimana kalau dari arah Wonosono maka setelah Kretek terus naik keatas di kanan kiri jalan bisa ditemua tanaman tembakau penduduk. Apabila musim panen maka di daerah tersebut bisa dilihat tembakau yang sudah dipotong sedang di jemur.

  • Kentang

Salah satu produk andalan Wonosobo dalam budi daya pangan adalah adanya kentang sebagai hasil panen warga. Kentang hasil panen cukup banyak sampai di jual keluar daerah Wonosobo.

  • Padi dan Jagung

Di Kabupaten Wonosobo banyak terdapat area persawahan, dengan demikian Womosobo merupakan salah satu penghasil padi. Selain padi juga terdapat hasil panen  berupa jagung.

  • Sayur-sayuran

Sayur-sayuran di Wonosbo merupakan salah sagu hasil panen yang melimpah.

  • Tananman Herbal

Banyaknya herbal siap konsumsi hasil produksi lokal Wonosobo membuktikan bahwa daerah ini merupakan penghasil herbal. Produk siap konsumsinya bisa ditemukan di toko-toko jajanan khas Wonosono. Disini bisa di temukan seperti teh rosella, purwaceng, wedang jahe dan produk-produk herbal lainnya.

I. Mata Pencaharian Penduduk Wonosobo

Dengan pertanian yang cukup menonjol, maka banyak penduduk Wonosobo yang mata pencahariannya adalah petani. Selain petani banyak warga Wonosobo yang menjadi pedagang, pegawai, pengrajin, pengusaha angkutan, pengusaha mebel dan furniture, pengusaha kuliner seperti warung nasi dan sebagainya.

Tanaman kayu dan hasil
Tanaman kayu dan kayu hasil panen

Dengan banyaknya kayu hasil pertanian, maka di wilayah Wonosobo banyak usaha yang berhubungan dengan kayu seperti penggergajian kayu, usaha pembuatan balok kayu, furniture dan produk kayu olahan seperti triplek.

J. Pemerintahan Kota Wonosobo

Sebagai kota kabupaten, maka Wonosobo dipimpin oleh seorang Bupati Kepala Daerah Tingkat II yang dipilih secara langsung oleh penduduk Wonosobo. Bupati Wonosobo dipilih untuk masa jabatan 5 (lima) tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali hingga maksimum menjabat 2 (dua) kali masa jabatan.

K. Prasarana Kesehatan Wonosobo

Prasarana kesehatan adalah salah satu yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Wonosobo.  Untuk seluruh warga Kabupaten Wonosobo di kecamatan-kecamatan terdapat puskesmas yang siap melayani, sedangkan di Kota Wonosobo selain puskesmas tersapat Rumah Sakit  yaitu RSU Setjonegoro  yang berlokasi di Jalan RSU No 1 Wonosobo . Kini dengan adanya kartu BPJS kesehatan warga Wonosobo menjadi lebih terjamin.

L. Penutup

Selain pengamatan sendiri dari penulis, dalam membuat postingan ini saya menggunaka beberapa referensi antara lain :

  1. id.wikipedia.org
  2. wonosobokab.go.id
  3. bmkg.go.id

Demikian postingan tentang Kota Wonosobo ini semoga memberikan gambaran diantaranya tentang wisata Wonosobo dan semoga bermanfaat buat saudara sekalian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s