Travelling Kaligowong-Wonosobo


Anak-anak Kaligowong sering travelling ke Wonosobo untuk menyelesaikan beberapa urusan.

Anak-anak Kaligowong mengurus beberapa kebutuhannya sebagian bisa diurus di desanya sendiri dan sebagian perlu diurus sampai Kota Kabupaten yaitu Wonosobo. Keperluan yang harus diurus sampai Kabupaten Wonosobo antara lain pengurusan SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan keperluan lain seperti pengurusan hal-hal yang berhubungan dengan Kantor Agama. Travelling dari Desa Kaligowong ke Wonosobo bisa ditempuh dengan beberapa cara. Antara lain dengan mengendarai sepeda motor dari Desa Kaligowong sampai Wonosobo.

Sepeda motor alat transport paling tepat

Anak-anak Kaligowong sebagian besar memiliki kendaraan sepeda motor untuk keluarganya masing-masing. Dengan keadaan ini maka perjalanan Desa Kaligowong ke Kabupaten Wonosobo paling mudah menggunakan sepeda motor. Perjalanan ini melewati Waduk Wadaslintang, Desa Karanganyar, Desa Wadaslintang yang juga merupakan Kecamatan, lalu melalui Ngalian, Sawangan dan kemudian Wonosobo.

Warga yang lebih dewasa sebagian sudah memiliki kendaraan sendiri berupa kendaraan roda empat sekaligus memiliki kendaraan roda dua yang biasanya diurus anaknya atau diurus sendiri. Untuk yang keadaannya demikian maka traveling dari Kaligowong ke Kota Kabupaten yaitu Wonosobo bukanlah masalah. Problem sedikit muncul bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Akan tetapi tidak ada masalah serius karena dari Desa Kaligowong bisa naik
ojek sampai Pasar Pon. Yaitu pasar yang sebenarnya berlokasi di Desa
Padureso dimana Padureso saat ini sudah menjadi Kota Kecamatan. Lalu dari Padureso warga Kaligowong yang mau ke Wonosobo bisa naik bus menuju Wonosobo secara langsung atau bisa juga naik bus yang putus-putus seperti ke Wadaslintang dahulu baru ke Kaliworo dan selanjutnya ke Wonosobo.

Perjalanan dari Desa Kaligowong ke Wonosobo melewati Bendungan
Wadaslintang dimana tempat ini merupakan tempat wisata. Apabila perjalanan dari Kaligowong ke Wonosobo di tempuh dengan sepeda motor maka pemandangan pada Bendungan Wadaslintang bisa dinikmati secara leluasa. Selanjutnya setelah melewati Bendungan Wadaslintang maka perjalanan akan dilalui melalui jalan dengan kanan-kiri masih hijau dan udara sangat segar. Jalan yang berliku di pegunungan meliuk-liuk seperti ular. Bahkan ada suatu potongan jalan yang membentuk lintasan seperti hidung yang sangat mancung dan sering disebut ‘tikungan irung pitruk’. Perlu pembaca ketahui bahwa
Petruk adalah salah satu tokoh pewayangan dan merupakan ponokawan yang biasanya mengasuh tokoh-tokoh baik seperti Para Pandawa Lima. Dalam perjalanan dari Desa Kaligowong menuju Wonosobo mengalami perjalanan yang berangsur naik. Semakin jauh dari Desa Kaligowong udara semakin dingin. Terus begitu hingga sampai Wonosobo udara terasa sangat dingin.Warga Kaligowong yang samai Wonosobo bisa berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari maupun membeli keperluan khusus seperti alat elektronik, alat komunikasi, kendaraan bermotor dan sebagainya.Di Wonosobo sudah terdapat mall-mall yang memudahkan orang-orang berbelanja.Warga Kaligowong juga bisa belajar pertanian di daerah Wonosobo, karena Wonosobo lebih maju dalam pertanian jika dibandingkan dengan Kaligowong. Pertanian di daerah ini yang cukup terkenal adalah pertanian tembakau, kentang dan sayur-sayuran. Dimana sayuran dari Wonosobo sering didistribusikan sampai Jakarta.

Angkutan umum Kaligowong-Wonosobo

Angkutan umum berupa angkot bisa diperoleh dari Desa Padureso ke arah Wonosobo. Jalur ini juga dilalui minibus. Akan tetapi dari Desa Kaligowong ke Padureso belum ada angkutan umum, maka warga Kaligowong bisa memanfaatkan ojek yang disana tersedia cukup banyak.

Demikian mengenai travelling dari Kaligowong ke Wonosobo semoga bermanfaat bagi anda yang memerlukan informasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s